Rabu, 06 November 2013

Makalah Sistem Informasi Akuntansi



BAB I
PENDAHULUAN
1.1        Latar Belakang
               Dalam masyarakat informasi yang demikian maju, data seringkali harus dikomunikasikan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Komunikasi jarak jauh timbul karena dewasa ini transaksi bisnis tidak lagi mengenal batas negara dan dunia, yang cenderung menjadi satu. Dalam skala pengolahan data yang besar dan rentang jaringan bisnis yang luas, sistem komunikasi yang andal akan menjadi kebutuhan. Proses pengolahan data tidak selalu dilakukan ditempat terjadinya transaksi melainkan bisa dilakukan disuatu tempat terjadinya transaksi, melainkan bisa dialkukan disuatu tempat yang sangat jauh dengan menggunakan sistem yang canggih. Hal itu bisa dilakukan apabila perusahaan memiliki sistem komunikasi yang baik.
               Sistem komunikasi yang andal juga akan memperdekat hubungan perusahaan dengan para stakeholder. Pelanggan akan lebih mudah berinteraksi dan pemasok akan lebih mudah memahami karakteristik perusahaan. Dengan demikian, kelancaran proses bisnis dan efisiensi akan semakin baik, dan pada gilirannya, nilai (value) perusahaan akan meningkat.  

1.2        Tujuan
1.2.1             Mengetahui perkembangan sistem komunikasi
1.2.2             Mengetahui komponen dan fungsi sistem komunikasi
1.2.3             Mengetahui jenis saluran komunikasi
1.2.4             Mengetahui karakteristik saluran komunikasi
1.2.5             Mengetahui jenis-jenis jaringan komunikasi
1.2.6             Mengetahui Local Area Network (LAN) dan Wide Area Net-work.
1.2.7             Mengetahui manajemen jaringan
1.2.8             Mengetahui komunikasi dan keunggulan kompetitif



















BAB II
PEMBAHASAN

2.1        Perkembangan Sistem Komunikasi 
               Komunikasi terjadi apabila seseorang berbicara dengan orang lain. Di sini muncul pengertian sender (pengirim) dan reseiver (penerima). Apabila seseorang berbicara dengan orang lain, berarti seseorang yang berbicara itu adalah sunder yang menggunakan otak dan mulutnya sebagai suatu coder untuk menyampaikan pesan ke dalam bentuk yang di transmisikan.
               Komunikasi data adalah gerakan data dan informasi berkode dari satu titik ke titik lain dengan menggunakan peralatan magnetik atau elekromagnetick kabel – kabel fiber-optik maupun gelombang mikro.
               Sebagaimana komunikasi dasar data informasi pada sistem komunikasi dengan mengalir melalui saluran. Saluran yang lazim digunakan sebagai sistem komunikasi data adalah cirkuit yaitu fasilitas transmisi yang menyediakan satu saluran atau lebih. Sebagai contoh fasilitas yang dapat digunakan sebagai cirkuit adalah sistem penggunaan telepohone. Agar dapat digunakan sebagai fasilitas komunikasi data, pada masing – masing saluran harus di tempatkan peralatan khusus yang disebut dengan modem (modulator – demodulator). Modem berfungsi untuk mengubah isyarat – isyarat elektronik (komputer) digital dan terminal ke isyarat – isyarat elektronik cirkuit telepon (analog). Isyarat digital adalah bentuk gelombang khusus yang dapat mentransmisi coded ke data ke dalam 2 kondisi yaitu sebagai bit 1 dan atau bit 0 seperti dibahas pada bab sebelumnya. Sedangkan isyarat analog adalah gelombang yang berkesinambung yang mengalir melalui media komunikasi, isyarat utama di gunakan untuk komunikasi suara (telepon).


 


Flowchart: Connector: Modem
Flowchart: Connector: Modem

Flowchart: Manual Input: Terminal
Text Box: Komputer
Peraga 9-1 Model Dasar Komuikasi Data








Left-Right Arrow: Saluran






 


Peraga 9-2 Model Komunikasi Data
               Perkembangan selanjutnya adalah dengan menggunaskan PC melalui sistem jaringan dengan nama Local Area Network(LAN) yang memiliki karakteristik:
1.    Setiap pengguna jaringan dapat menggunakan PC sesuai dengan kebutuhannya.
2.    Sumber daya pengolahan data, seperti data, printer dan storage dapat di gunakan bersama oleh pengguna jaringan.
3.    Setiap pengguna jaringan dapat saling berkomunikasi antara satu dnegan yang lainnya yang berada dalam satu jaringan dan dengan pengguna jaringan lainnya sepanjang jaringan itu diakses oleh LAN bersangkutan.
2.2        Komponen dan Fungsi Sistem Komunikasi                    
            Sistem komunikasi adalah himpunana perangkat lunak dan perangkat keras yang di rancang untukl mengkomunikasikan dari sayu lokasi ke lokasi lainnya. Komponen yang dia anggap penting dalam suatu sistem komunikasi adalah :
1.    Komputer untuk memproses data menjadi informasi.
2.    Terminal atau perangkat input/output lainnya yang dapat mengirim atau menerima data.
3.    Saluran komunikasi yang mengalirkan informasi dari perangkat sender ke perangkat receiver dalam suatu jaringan. Saluran komunikasi pada umumnya menggunakan berbagai media komunikasi seperti saluran telepon, kabel serat optik (optic-fiber), kabel coaxial, ataupun transmisi tanpa kabel.
4.    Communication procecor yang memberikan dukungan fungsi kepada transmisi dan penerimaan data. Bentuknya anatara lainn adalah modem, multiplexer, controller, dan front-end processor.
5.    Communication software ( perangakat lunak komunikasi) yang berfungsi sebagai pengendali kegiatan input dan output serta mengelola fungsi lain jaringan komunikasi.

a.        Modem dan Facsimile
        Komputer menyimpan data secara digital dalam bentuk menyala atau matinya pulsa elektronik sehingga menghadirkan digit 0 dan 1. Sementara itu hubungan telepon diciptakan untuk mengirim suara yang diciptakan untuk mengirim suara yang disalurkan secara analog. Dengan demikian, untuk mengirim data melalui saluran komunikasi diperlukan proses perubahan dari isyarat digital ke isyarat analog dan sebaliknya. Proses itu dilaksanakan dengan menggunakan modem yang berperan sebagai pengubah isyarat analog ke isyarat digital (peran demodulasi).
Modem bisa ditempatkan pada expansion board di dalam mikrokomputer ataupun ditempatkan diluar sebagai suatu unit terpisah (ekstern) yang dihubungkan dengan komputer. Kecepatan modem ditentukan dengan ukuran bit per second (bps) atau bit per detik. Modem pada umumnya memiliki fasilitas facsimile yang dipendekkan dengan istilah fax. Dengan menggunakan fax, pengguna dapat mengirimkan dokumen dan file data dari PC kepada mesin fax atau komputer penerima tanpa perlu mencetaknya terlebih dahulu. Data juga dapat dikirim dengan Broadcast faxing, yaitu dikirim ke semua pihak dalam suatu kelompok dengan satu kali perintah cetak.
b.        Multiplexor dan Front-End Processor
Multiplexor atau multiplexer, adalah komponen yang berfungsi sebagai penggabung isyarat-isyarat dari PC, terminal, dan perangkat-perangkat lain, serta mentransmisikannya melalui saluran-saluran komunikasi berkecepatan tinggi. Di ujung saluran komunikasi lainnya, atau dtujuan, multiplexor berperan sebagai pengurai isyarat-isyarat untuk dikembalikan lagi ke dalam bentuk masing-masing pesan. Untuk membantu CPU pada host komputer, khususnya untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan komunikasi data, digunakan front-end processor. Front end-processor adalah komputer mini yang menggantikan peran lost host computer dalam menagani pesan-pesan input-output, membuka akses sebatas hanya untuk yang berwenang saja, editing data, mendeteksi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan, serta menyimpan dan memproses data.
c.         Perangkat Lunak Sistem Komunikasi
        Perangkat lunak sistem komunikasi adalah seperangkat aturan dan prosedur yang mengatur transmisi antara komponen dalam suatui jaringan. Fungsi utama jaringan protokol adalah :
1.         Mengidentifikasi semua perangkat yang di gunakan dalam jalur komunikasi
2.         Menjaga kesiagaan perangkat lain
3.         Mkemeriksa kebenaran penerimaan pesan
4.         Memeriksa bahwa pesan harus di trasmisi karena tidak dapat di intreprestasi dengan baik.
5.         Melakukan perbaikan bila terjadi kesalahan
d.        Fungsi Sistem Komunikasi
        Untuk mengirim dan mewnberima informasi dari suatu tempat ke tempat lain, sistem komunikasi memiliki beberapa fungsi. Meskipun  pada umumnya tidak dapat di lihat dan tidak dapat di identifikasi secara jelas, fungsi – fungsi itu berlangsung secara konsisten dalam suatu sisitem komunikasi fungsi – fungsi tersebut antara lain adalah;
§  Fungsi transmisi, yaitu mengirim data dan informasi dari satu pihak ke pihak lain.
§  Fungsi intyerface, yaitu hubungan antara dua perangkat keras atau dua sistem komputer yang merupakan titik dimana dua sistem saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya.
§  Fungsi routing, yaitu menyalurkan pesan melalui jalur yang paling efisein.
§  Fungsi pengolahan, yaitu menyampaikan pesan yang benar kepada penerima yang benar.
§  Fungsi editorial, yaitu fungsi pengecekkan kemungkinan adanya kesalahan, format, dan edting.
§  Fungsi konversi, yaitu fungsi yang mengatur kecepatan dan kode dari satu peralatan ke peralatan lain.
§  Fungsi control, yaitu fungsi yang menyalurkan pesan, melayani keinginan penerima, dan menjaga keutuhan dan kelancaran struktur jaringan.
2.3    Jenis-jenis Saluran Komunikasi
               Saluran (Chanel) komunikasi adalah alat yang digunakan untuk pengeluaran data dari satu perangkat jaringan ke perangkat jaringan lainnya. Contoh biaya data per bit melalui hubungan satelit bisa lebih murah dari pada sewa hubungan telepon sepanjang penggunaanya 100 persen.
1.    Kabel berpilin, adalah kumpulan pasangan benang tembaga yang di pilin dan merupakan media transmisi yang paling kuno. Sistem telepon di gedung-gedung pada umumnya masih menggunakan media ini yang dipasang untuk komunikasi dengan isyarat analog. Kecepatan penyaluran data kabel berpilin ini adalah sekitar 10 megbit per detik.
2.    Kabel coacikal, adalah media transmisi yang terdiri dari kabel tembaga yang berisisolasi. Kecepatannya kurang dari 200 megabit per detik. Meskipun demikian kabel Coaxial terkesan terlalu tebal sehimgga sulit untuk di pasang di gedung – gedung, dan tidak dapat di gunakan sebagai pendukung komunikasi analog telepon.
3.    Kabel serat optik (fiber optic cablet), adalah kabel yang terdiri dari ribuan helai serat kaca bening yang ketebalannya kira-kira sama dengan rambut manusia. Data yang disalurkan melalui serat optik diubah kedalam pulsa-pulsa sinar dengan menggunakan perangkat laser dengan kecepatan antara 500 kilobit sampai dengan beberapa miyar bit per detik.
4.    Transmisi tanpa kabel, adalah transmisi yang tidak di lakukan melalui media kabel atau serat optik, melainkan di salurkan melalui udara.  Berikut ini di uraikan tentang beberapa jenis komponen dalam sistem teknologi komunikasi. Komponen – komponen tersebut memiliki keunikan sangat berperan dalam perkembangan teknologi komunikasi diantaranya adalah sebagai berikut:
§  Sistem gelombang mikro adalah sistem transmisi, yang bisa bersifat terrestrial (bumi) maupun celestial (angkasa) yang mampu mengirimkan isyarat radio berfrekuensi tinggi melelui atmosfer.
§  Satelit adalah alat yang ditempatkan di luar angkas untuk mengorbit bumi yang fungsinya adalah melayani stasiun relay dalam mentransmisikan isyarat – isyarat mikro dengan jarak yang sangat jauh.
§  Satelit Berorbit rendah adalah satelit yang posisinya lebih dekat dengan bumi di bandingkan dengan satelit tradisional sehingga bisa menangkap isyarat – isysrat dari alat transmisi yang lemah dan lebih hemat energy.
§  Paging system adalah sistem dengan teknologi transmisi yang menggunakan alat pager, dan alat tersebut akan berbunyi apabila pemegangnya menerima pesan dari seseorang.
§  Telepon seluler adalah alat komunikasi yang dapat mengirim suara atau data dengan menggunakan gelombang radio dengan berkomunikasi dengan antena (menara) radio yang di tempatkan pada wilayah geografis terdekat.
§  Mobile data network adalah suatu jaringan tanpa kabel yang dapat dipergunakan untuk transmisi data dua arah secara efisien. Sesuai namanya jaringan ini memungkinkan pengiriman data dari lokasi yang mobile (berpindah), sehingga dengan menggunakan jaringan ini suatu komputer jinjing dapat mengirimkan data ke komputer lainnya.
§  Personal Communication Services (PCS), adalah teknologi selular tanpa kabel yang menggunakan gelombang radio frekuensi yang lebih murah dan lebih rendah daripada teknologi selular konvensional, sehingga dapat dipergunakan untuk telepon kecil dalam gedung.
§  Personal Digital Assistants, adalah suatu komputer jinjing dengan perlengkapan komunikasi tanpa kabel yang bisa mengirim pesan digital. Meskipun memiliki keunggulan keunggulan khusus, transmisi tanpa kabel juga memiliki kelemahan-kelemahan antara lain sebagai berikut :
1.    Transmisi tanpa kabel mudah saslah karena rentan terhadap pengaruh-pengaruh lingkungan mulai dari gangguan matahari sampai emisi kendaraan
2.    Pengamanan sistem transmisi tanpa kabel lebih sulit karena mudah diterobos
3.    Prekuensi radio dan protocol masing-masing jaringan tidak sama, sehingga modem masing -masing jaringan itu tidak dapat saling dihubungkan.
2.4        Karakteristik Saluran Komunikasi
§  Kecepatan Transmisi
          Volume data yang dapat dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi diukur dengan menggunakan satuan bit per detik (bit per second) atau BPS. Kadang kala, ukuran kecepatan transmisi ini disebut dengan baud rate. Baud rate adalah perubahan isyarat dari positif ke negatif, atau sebaliknya.
          Frekuensi adalah jumlah siklus per detik yang dapat dikirim melalui media komunikasi, dan frekuensi diukur dengan menggunakan satuan hertz. Kisaran frekuensi yang dapat diakomodasi oleh suatu saluran tertentu disebut bandwidth. Bandwitdth adalah perbedaan antara frekuensi tertinggi dan terendah yang dapat diakomodasi oleh suatu saluran tertentu.
§  Metode Transmisi
          Pengiriman isyarat-isyarat komunikasi dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode atau konvensi yang diperlukan agar perangkat komunikasi bisa menentukan awal dan akhir suatu karakter. Metode tersebut adalah :
1.    Transmisi Asinkron (asynchronous transmission), dilakukan dimana setiap karakter ditransmisi secara terpisah dan dikontrol dengan menggunakan beberapa bit. Bit yang berfungsi sebagai kontrol tersebut adalah star bit yang ditempatkan sebelum karakter, stop bit yang ditempatkan setelah karakter, dan parity bit, yaitu bit untuk mengecek kecermatan karakter.
2.    Transmisi Sinkron (synchronous transmission), dilakukan bilamana sekelompok karakter ditransmisi secara serempak dengan kecepatan tinggi. Awal dan akhir blok karakter tersebut ditentukan oleh jarak waktu yang diawali dengan star bit dan diakhiri dengan stop bit.
§  Arah Transmisi
Ada 3 jenis arah transmisi, yaitu :
1.    Symplex, pada transmisi symplex data dialirkan hanya dengan satu arah. Transmisi ini digunakan dalam keadaan-keadaan khusus yang memang hanya memerlukan komunikasi satu arah seperti misalnya komunikasi yang bersifat instruksi.
2.    Half-duplex, adalah transmisi yang berjalan dua arah , namun tidak dalam waktu yang sama.
3.    Full-duplex, adalah transmisi yang mmungkinkan transmisi data berjalan dua arah secara serantak.
§  Processor Komunikasi
Suatu jaringan komunikasi memerlukan beberapa piranti processor yangberfungsi sebagai pendukung kelancaran proses transmisi data. Piranti processor tersebut adalah :
1.    Front-end Processor
Suatu komputer kecil yang khusus digunakan untuk mengelola komunikasi dan dihubungkan dengan komputer utama (host) dalam suatu sistem computer.
2.    Concentrator
Suatu komputer berprogram yang bertugas mengumpulkan dan menyimpan sementara pesan-pesan dari terminal sebelum jumlah atau volume pesan itu cukup ekonomis untuk ditransmisi.
3.    Controler
Biasanya merupakan mini komputer khusus, bertugas untuk mengawasi lalu lintas komunikasi antara CPU dan perangkat pendukung seperti terminal dan printer.
4.    Multiplexer
Suatu perangkat yang memperlancar komunikasi data pada suatu saluran yang berasal dari beberapa sumber sekaligus.
2.5        Jenis-jenis Jaringan Komunikasi
Jaringan komunikasi dapat dikelompokkan menurut :
1.        Topologi atau bentuk jaringan bersangkutan.
§  Jaringan Bintang (star), jaringan yang terdiri dari suatu komputer pusat (host)yang dihubungkan dengan komputer atau terminal yang lebih kecil.
§  Jaringan Bus, jaringan yang terbentuk dari beberapa komputer dengan suatu circuit yang bisa terbuat dari kawat berpili, kabel coaxial, atau kabel serat optik.
§  Jaringan Cincin (Ring), jaringan dimana semua komputer terhubung dalam pola lingkaran (cincin).
§  Token Ring adalah suatu jaringan cincin dimana semua perangkat dalam jaringan berkomunikasi dengan menggunakan suatu isyarat atau token.
2.        Lingkup geografis jaringan.
Suatu jaringan bisa dibagi menurut lingkup geografis ke dalam beberapa jaringan lokal (local area) dan jaringan wilayah yang lebih luas (wide area). Jaringan lokal bis aterdiri dari private branch exchanges dan local area networks. Private branch exchanges atau disingkat PBX adalah komputer yang didesain khusu untuk menangani dan mengatur panggilan telepon di lokasi perusahaan. Selain suara, PBX juga bisa menangani data sehingga bisa membentuk local area network (LAN). Meskipun hanya melakukan kegiatan pengaturan yang terbatas, PBX bisa menyimpan, mentransfer, menahan, dan menghubung-ulang panggilan telepon. PBX juga bisa digunakan untuk mengatur informasi digital antar komputer dan peralatan kantor.
3.        Jenis layanan yang diberikan oleh jaringan.
2.6        Local Area Network
            Local area network (LAN) adalah jaringan komunikasi  lokal saluran khusus (dedicated) dengan jarak terbatas, yang biasanya meliputi satu gedung atau beberapa gedung dengan jarak yang tidak berjauhan. Radius hubungan antar peralatan dalam sistem LAN biasanya sekitar 2000 kaki dan dihubungkan ke berbagai mikrokomputer. Tidak seperti PBX, LAN menggunakan saluran komunikasi sendiri. Kapasitas transmisi LAN pada umumnya lebih tinggi daripada kapasitas PBX. Topologi yang digunakan adalah topologi ring atau bus dengan bandwidth yang tinggi. Jika PBX yang berkecepatan tinggi memiliki kemampuan transmisi sampai 2 megabits per detik, LAN mengrim data dengan kecepatan 256 kilobit  sampai 100 megabit per detik.
               Workstion adalah suatu konfigurasi mikro yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan pengguna pada umumya merupakan komputer dekstop yang mampu membuat grafik proses matematis dan aktifitas lainnya. Sedangkan peripheral dikendalikan oleh mikrokomputer yang disebut network server ata file server.
               File server berperan sebagai perpustakaan, karena perangkat ini menyimpan program dan berbagai file data untuk kepentingan pengguna. Server adalah mikrokomputer bekemampuan tinggi dengan kapasitas hard disk yang besar workstain minikomputer,atau mainfarme.
               Server Direct Access Storage (DASD) adalah perangkat penyimpan sistenm yang dapat diakses langsung dari jaringan untuk menyusun grafik dengan menggunakan plotter. Pengguna 2 dapat mempergunakan perangkat lunak pengolah kata (word processor) yang juga terdapat dalam DASD jaringan, guna mengetik surat yang kemudian dicetak printer berkualitas tinggi.
a.    Metode Kontrol Pada LAN
          Aliran data pada LAN selalu dikontrol sehingga tepat saasaran dan berjalan efisien. Dua pendekatan kontrol aliran data pada LAN yang populer adalah :
1.    Contention Based Approach, adalah suatu pendekatan kontrol data diman setiap workstation dalam jaringan yang akan mengirim pesan harus mencermati isyarat-isyarat sibuk terlebih dahulu,agar tidak terjadi bentrokan.
2.    Token Passing Aproach, adalah pendekatan kontrol data dimana pengiriman pesan dilakukan apabila sebuah workstationtelah dikunjungi oleh token yang bergerak dari satu workstation ke satu workstation lainnya.
b.   Wide Area Netwok
          Wide area network adalah jaringan komunikasi yang melingkupi suatu wilayah geografis yang luas dengan kisaran beberapa mil sampai dengan ribuan mil. WAN bisa dibangun dengan kombinasi hubungan yang bersifat switched line, ataupun dedicated line, gelombang mikro, serta komunikasi satelit. Switched line adalah hubungan telepon yang dapat diakses seseorang dari terminalnya untuk mengirimkan data ke komputer lainnya dimana kiriman datanya mengalir dan berpindah-pindah dari satu saluran ke saluran lainnya hingga ke tempat tujuan yang diinginkan. Dedicated line, atau disebut pula nonswuitched line, adalah hubungan telepon yang disediakan khusus untuk transmisi oleh penyewanya.
c.    Value Added Network
          Value added network (VAN) adalah jaringan khusus untuk transmisi data dan memiliki banyak jalur yang dikelola khusu oleh suatu perusahaan untuk disewakan kepada pihak lain secara berlangganan. Istilah value added (nilai tambah) mengacu pada nilai yang diberikan perusahaan penyedia jasa VAN kepada para pelanggannya karena memanfaatkan sistem komunikasi.
2.7        Manajemen Jaringan
               Sistem jaringan merupakan sistem yang sangat penting dalam organisasi. Kerusakan atau tidak berfungsinya sistem jaringan akan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan. Untuk menghindarinya, diperlukan manajemen jaringan melalui mekanisme perencanaan dan pengendalian yang baik.
a.        Perencanaan Jaringan
        Perencanaan jaringan mencakup semua kegiatan yang bertujuan untuk mengantisipasi semua kebutuhan jaringan perusahaan. Tiga unsur utama dalam manajemen jaringan adalah :
1.         Perencanaan kapasitas, meliputi kegiatan analisis dan perencanaan volume lalu-lintas data dan informasi yang harus ditanganioleh jaringan. Dari analisi ini kemudian ditentukan kapasitas sistem dan perangkat jaringan yang diperkirakan dapat menampung dan menangani kebutuhan.
2.         Perencanaan staf, adalah kegiatan untuk menentukan dan menganalisis jumlah optimal karyawan yang dibutuhkan untuk menangani sistem jaringan berikut dengan penentuan tingkat keterampilan dan keahliannya.
3.         Pemantauan kinerja, meliputi kegiatan menganalisis response time (masa tanggap) untul suatu tingkat kesibukan tertentu dari lalu lintas data, sehingga pengaruh-pengaruh perubahan kinerja jaringan yang pontesial dapat diantisipasi.
b.        Pengendalian Jaringan
        Pengendalian jaringan meliputi kegiatan pengendalian yang  dilakukan sehari-hari dengan tujuan untuk menjaga agar jaringan tetap memenuhi kebutuhan operasional perusahaan. Pengendalian jaringan antara lain mencakup kegiatan-kegiatan sebagi berikut :
1.         Mendeteksi  kesalahan  atau  gangguan  terhadap  jaringan.
2.         Mengisolasi  lokasi kesalahan  dan  gangguan.
3.         Memperbaiki  kerusakan  akibat  kesalahan  dan  gangguan  dan  memulihkan  kemampuan  jaringan.
c.         Manajer Jaringan
        Manajer jaringan bertanggung jawab terhadap perencanaan, penerapan, pengoperasian, dan pengendalian jaringan komunikasi data. Staf sistem jaringan bisa mencakup beberapa specialist dibidang komunikasi data dengan berbagai keterampilan yang berbeda. Para specialist itu antara lain :
1.         Network  analyst  tugasnya  adalah  melkukan  fungsi  yang  sama dengan sitem analyst, namun terbatas pada bidang komunikasi data.
2.         Software analyst tugasnya adalah menyusun program dan memelihara perangkat lunak komunikasi harga.
3.         Datacom tehnician atau teknisi komunikasi data yang terampil di bidang perangkat keras komunikasi data.
2.8        Sistem Komunikasi dan Keunggulan Kompetitif
               Sistem komunikasi jelas merupakan suatu sarana yang dapat menghapus hambatan geografis dan hambatan waktu, sehingga perusahaan dapat mempercepat proses produksi, kecepatan pengambilan keputusan, mengembangkan produk-produk baru, melakukan penestrasi ke pasar baru, serta membina hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi sistem yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi, koordinasi, percepatan aliran informasi transaksi, dan pesan-pesan dalam suatu perusahaan :
1.        Elektronik Mail atau e-mail adalah hubungan pesan antara satu komputer ke komputer lainnya.
2.        Voice Mail, adalah suatu sistem untuk mendigitalisasi suatu pesan dalam bentuk suara,mengirimkan melalui jaringan menyimpan didalam disk untuk kemudian ditarik kembali untuk digunakan dimasa mendatang.
3.        Mesin Facsmile, adalah mesin yang dapat digunakan untuk mengirim dokumen yang memuat tulisan atau peraga termasuk grafik melalui hubungan telepon biasa.
4.        Layanan Informasi Digital, dengan semakin banyaknya informasi yang disedaiakan oleh layanan informasi digital tersebut, para pengguna jaringan komunikasi acapkali memperoleh timbunan informasi yang sebagian besar tidak di perlukan. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah perolehan informasi dengan menggunakan intellegent agent, yaitu perangkat lunak program yang dapat melakukan tugas tertentu yang bersifat berulang dan mudah diprediksi untuk kepentimgan individu, perusahaan, atau aplikasi perangakat lunak.
5.        Teleconferencing, Dataconferencing, dan Videoconferencing, teleconferencing adalah fasilitas dengan kemampuan untuk mempertemuakan beberapa pihak yang berkepentingan  dalam suatu rapat dengan menggunakal telepon atau perangkat komunikasi e-mail kelompok. Teleconfrencing yang juga memiliki fasilitas dimana dua orang atau lebih pada lokasi yang berjauhan dapat menggarap dokumen yang sama secara bersamaan dataconferencing. Teleconferencing juga dapat dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat berbagai pihak yang berkepentingan untuk “bertatap-muka” melalui layar video. Kemampuan itu disebut videoconferencing.
6.        Eletronik Data Interchange, Elecronic data interchange (EDI) adalah sistem komuikasi langsung dari komputer ke komputer antara dua organisasi yang mengunakan dokumen bisnis standar. Agar EDI berjalan efektif diperlukan syarat-syarat berikut :
1.         Standarisai transaksi. Sistem EDI harus memiliki standarisasi dokumen yang diberlakukan bagi semua pihak yang terlibat dalam sistem jaringan tersebut.
2.         Perngkat lunak penerjemahan.  Untuk mengubah pesan-pesan yang masuk dan keluar dari pihak satu ke pihak lain perlu ada perangkat luank khusuh agar pesan-pesan itu dapat dibaca dan digunakan oleh pihak lain tercakup dalam EDI.
3.         Faslitas mailbox. Perusahaan yang menggunakan sistem EDI harus mengguanakan jaringan value added yang memiliki fasilitas mailbox sehingga setiap pesan dapat dikirim,disortir dan disimpan sampai saat diperlukan oleh komputer penerima.
4.         Kerangka peraturan.  Untuk menyesuaikan dengan aturan isnis yang sehat,sitem EDI harus keranga peraturan yang mensyaratkan pihak-pihak.










BAB III
KESIMPULAN

            Jadi, komukasi data adalah gerakan data dan informasi berkode dari satu titik ke titik lain dengan menggunakan peraltan magnetik atau elektromagnetik, kabel-kabel serat optik, ataupun gelombang mikro. Semakin menyatunya sistem komunikasi dan sistem komputer, membuat perusahaan-perusahaan telekomunikasi mengembangkan bisnis baru kepada pihak ketiga dalam bentuk bisnis balas jasa jaringan komunikasi yang memberikan layanan sistem informasi, sehingga perusahaan yang memiliki banyak outlet dapat menggunakan jasa tersebut. Local Area Network (LAN) merupakan perkembangan sistem jaringan dengan menggunakan PC. Komponen sistem jaringan berfungsi sebagai penggabung dan pengurai isyarat-isyarat dari dan ke PC, terminal, dan perangkat-perangkat lain dan mentransmisikannya melalui saluran komunikasi berkecepatan tinggi disebut multiplexer atau multiplexor. Sistem komunikasi memiliki fungsi transmisi, interface, routing, pengolahan, editorial, konversi, dan kontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar